Selasa, 29 Mei 2012

MENINGKATKAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

Oleh: Misbah Fikrianto


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali melaksanakan Program Dosen Magang untuk tahun 2010. Program tersebut dinilai sangat positif untuk meningkatkan kualitas Dosen Junior dalam mengembangkan kemampuan manajerialnya. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa. Agar peran yang strategis dan besar tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka sumber daya manusia perguruan tinggi haruslah memiliki kualitas yang unggul. Dosen, adalah SDM perguruan tinggi yang memiliki peran yang sangat sentral dalam semua aktivitas di perguruan tinggi. Dalam era globalisasi ini, seorang dosen bukan hanya dituntut pakar dalam bidang kajian ilmunya (mengajarkan, meneliti, dan mengabdikannya kepada masyarakat) tetapi juga dituntut untuk mampu berkomunikasi (verbal dan tulisan); mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT); memiliki jejaring (networking) yang luas; peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar, bersikap outward looking, dan lain-lain.
Pada tahun 2010 ini jumlah peserta Program Dosen Magang berjumlah 75 orang, yang dibagi ke dalam PT Pembina, yaitu: Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya. Khusus untuk yang di Institut Teknologi Bandung berjumlah 15 orang. Program dosen magang ini sangat meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi di Indonesia karena mereka mendapatkan berbagai materi yang berkaitan dengan Pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi dan Managemen Perguruan Tinggi. Peningkatan Kompetensi dan pengalaman yang didapatkan dari Program Dosen Magang akan diimplementasikan di Perguruan Tinggi asal. Program Dosen Magang ini dilaksanakan selama 5 bulan.

http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1550:meningkatkan-kualitas-perguruan-tinggi-di-indonesia&catid=159:artikel-kontributor
 

0 komentar:

Posting Komentar